Mengawasi Pilkada 2020 : Panwascam se-Kabupaten Nias Barat di BIMTEK

0
377

Bimbingan Teknis Panwas Kecamatan se-Kab. Nias Barat yang berlangsung di Hall Tokosa-Nias Barat selama dua hari 23 s/d 24 Desember 2019, diikuti sebanyak 24 peserta dari 8 Kecamatan.

Panwascam memperkenalkan diri masing-masing

Pada pelaksanaan hari pertama Senin (23/12/2019) sebelum dilanjutkan pada materi Bimtek Pimpinan Bawaslu Nias Barat memberi kesempatan kepada Anggota Panwascam untuk saling memperkenalkan diri supaya lebih kompak dalam menjalankan tugas atau amanah sesuai undang-undang dan peraturan yang berlaku. Kemudian Panwascam melakukan Rapat Pleno dalam penentuan Ketua dan Koordinator Divisi Krn Panwascam memiliki 3 (tiga) divisi yakni Divisi Organisasi dan Sumber Daya Manusia, Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga dan Divisi Penindakan Pelanggaran. Rapat Pleno Panwascam terlaksana dengan cepat dan menghasilkan keputusan-keputusan yang dapat dilaksanakan oleh Panwascam kedepan.

Yulianus Gulo selaku Ketua Bawaslu Nias Barat menyampaikan dalam materinya bahwa Rapat Pleno yang telah dilaksanakan oleh Panwascam merupakan Rapat tertinggi di lembaga Bawaslu dan jajarannya.

Ketua Bawaslu Nias Barat (Yulianus Gulo) sedang memaparkan materi Bimtek

Hiskiel Daeli selaku Kordiv. HPPS melanjutkan menyampaikan materi pada Bimtek Panwascam tentang Prosedur Penanganan Pelanggaran. Sengketan atau pelanggaran Pemilu muncul apabila adanya Laporan dan Temuan.

Anggota Bawaslu Nias Barat (Hiskiel Daeli) sedang memaparkan materi Bimtek

Efik R.NGulo selaku Kordiv. PHL menyampaikan dalam materinya bahwa tugas utama Pengawas Pemilu yakni Pencegahan, Pengawasan dan Penindakan. Kegiatan Pencegahan merupakan langkah awal pada pengawasan setiap tahapan pilkada 2020 karena kita dituntut wajib berbaur kepada masyarakat bergandengan tangan dalam mengawasi pemilu sesuai dengan moto Bawaslu “Bersama rakyat awasi pemilu, bersama Bawaslu Tegakkan keadilan pemilu”.

Anggota Bawaslu Nias Barat (Efik R. N. Gulo) sedang memaparkan materi Bimtek

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here